Presentasi merupakan sebuah karya dan diakui dapat memiliki hak cipta sebagaimana yang diatur oleh undang-undang. Tetapi diluar itu, presentasi dapat merupakan sebuah kompetisi untuk memenangkan sebuah tender proyek atau memenangkan hati para audiens sehingga penawaran atau perencanaan yang kita ajukan disetujui atau dipilih oleh para penilai. Sedemikian pentingnya presentasi, maka sudah merupakan hal yang wajar atau lumrah jika file presentasi yang dibuat dengan microsoft powerpoint diberikan password atau sandi. Dengan dilakukannya enkripsi yang bertujuan untuk peningkatan keamanan/sekuritas, maka diharapkan file powerpoint tersebut terhindar dari pihak yang tidak berwenang atau tidak bertanggung jawab yang dalam hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah para saingan atau kompetitor. Cara untuk Menambahkan password pada file powerpoint mirip dengan cara pemberian pasword pada dokumen microsoft excel dan word. Selengkapnya dapat dilihat seperti contoh berikut :

  1. Klik tombol Office
  2. Lalu pilih item Prepare
  3. Pada sub item yang muncul klik Encrypt Document
  4.  Gambar:  Cara membuat enkripsi / password file powerpoint
  5. Selanjutnya akan muncul dialog Encrypt Document
  6. Isikan sandi pada kotak password yang tersedia. Sandi bersifat case sensitive, artinya huruf kapital dan biasa akan dibedakan. Huruf "A" akan dianggap berbeda dengan huruf "a".
  7. Lalu klik tombol OK atau tekan tombol ENTER
  8.  Gambar:  Memberikan password untuk file powerpoint
  9. Kemudian akan muncul dialog Confirm Password yang meminta konfirmasi password
  10. Isikan kembali sandi yang telah sebelumnya anda isikan (harus sama persis)
  11. Lalu klik tombol OK atau tekan tombol ENTER
  12.  Gambar:  Konfirmasi password untuk file powerpoint
  13. Password file powerpoint sudah diberikan.
  14. Simpan terlebih dahulu file powerpoint anda.

Related Post :